Jumat, 03 Januari 2014

Lima Macam Vassi dan Abhiñña



Lima Macam Vassi
Vasi berarti keahlian atau kemahiran atau kemampuan untuk mengolah jhana.
Kelima macam vasi tersebut adalah:
1. Avajjana-vasi, yaitu keahlian dalam pemikiran untuk memasuki jhana menurut kehendaknya
2.      Samaajjana-vasi, yaitu keahlian dalam memasuki jhana
3.  Adhitthana-vasi, yaitu keahlian dalam menentukan berapa lama hendak berada dalam jhana.
4.      Vatthana-vasi yaitu, keahlian dalam keluar dari jhana.
5.      Paccavekkhana-vasi, yaitu keahlian dalam peninjauan terhadap jhana.



a.   Abhiñña

Abhiñña berarti kemampuan atau kekuatan batin yang luar biasa, atau tenaga batin. Abhiñña ini akan timbul dalam diri orang yang telah mencapai jhana-jhana, dimana jhana tingkat ke-empat (catuttha jhana) yang merupakan dasar untuk timbulnya abhiñña ini. Tetapi hal ini juga tergantung pada kusala-kamma (perbuatan baik dari kehidupan yang lampau. Objek yang dapat menimbulkan abhiñña adalah 10 kasina yaitu:
1.      Pathavi kasina (wujud tanah)
2.      Apo kasina (wujud air)
3.      Tejo kaina (wujud api)
4.      Vayo kasina (wujud udara dan angina)
5.      Nila kasina (wujud warna biru)
6.      Pita kasina (wujuda warna kuning)
7.      Lohita kasina            (wujud warna merah)
8.      Odata kasina             (wujud warna putih)
9.      Aloka kaina (wujud cahaya)
10.  Akasa kasina (wujud ruangan terbatas)

Macam-Macam Abhiñña
Abhiñña ada enam macam dan dapat di bagi atas dua kelomok besar, yaitu:
1.      Abhiñña yang duniawi atau lokiya, terdiri atas lima macam yaitu:
1)     Iddhividhañana, sering disebut sebagai kekuatan gaib atau kekuatan magis atau kesaktian ini terbagi atas beberapa macam, yaitu:
a.      Addhithana-iddhi ialah kemampuan untuk mengubah diri dari satu menjadi banyak/atau banyak mejadi satu.
b.      Vikubbana-iddhi ialah kemampuan untuk mengubah bentuk seperti menjadi anak kecil, raksasa, ular atau membuat diri tidak tampak.
c.       Manomaya-iddhi ialah kemampuan mencipta dengan menggunakan pikiran, seperti menciptakan istana, taman, harimau, wanita cantik.
d.      Ñanavipphara-iddhi ialah kemampuan untuk menembus ajaran melalui pengetahuan
e.      Samadhivipphara-iddhi kemampuan memancarkan kemampuan diri melalui konsentrasi, yaitu:
·         Kemampuan menembus dinding,  pagar,  gunung
·         Kemampuan menyelam keadalam bhumi bagaikan menyelam kedalam air
·         Kemampuan berjalan di atas air bagaikan berjalan diatas tanah padat
·         Kemampuan terbang di angkasa seperti burung
·         Kemampaun melawan api
·         Kemampuan memanjat puncak dunia sampai ke alam brahma
2)     Dibbasotañana (telinga dewa) adalah kemampuan mendengar suara-suara dari alam lain baik kehidupan apaya, manusia, dewa, dan brahma yang dekat maupun yang jauh.
3)     cetopariyañana ialah kemampuan untuk membaca pikiran mahluk-mahluk lain.
4)     dibbcakkhuñana ialah mata dewa atau batin kemampuan untuk melihat alam-alam halus dan kesanggupan melihat muncul lenyapnya mahluk-mahluk yang bertumimbal lahir sesuai dengan karmanya masing-masing.
5)     Pubbenivasanusatiñana ialah kemampuan untuk mengingat tumimbal lahir yang dahulu.

2.   Abhiñña yang di atas duniawi (lokuttara-abhiñña) hanya ada satu macam, yaitu:
Asavakkhañana yaitu: kemampuan untuk memusnahkan kekotoran batin, pemusnahan kekotoran batin ini akan membimbing kearah kesucian tertinggi atau arahat.

Tidak ada komentar: